Tuesday, January 20, 2009

Bebuka

Rahayu..rahayu...rahayu...

Sekelumit kalimat untuk saudaraku di Pulau Jawa, di seantero Nusantara dan di seluruh penjuru Dunia yang saya rindukan. Salam damai untuk kalian semua yang sampai detik ini “isih gelem ngakoni dadi wong jawa lan isih gelem nglakoni lumrahe dadi wong jowo”. Dengan rasa eling bahwa kita terlahir dan mati di bumi jawa. Sudah semestinyalah kita sendiri yang mewarisi segala hasil budaya para leluhur kita yang adi luhung, serta untuk tetap menjaganya dan menurunkannya pada anak cucu kita.

Di tengah keadaan yang semakin gelap dan menyongsong terangnya cahaya dari kegelapan saat ini, menyadarkan kita sebagai orang jawa dan diharapkan “tur njowo” untuk bisa menangkap berbagai makna perubahan sebagai sebuah kepositifan, bukan hanya sebagai bencana, tragisme dan kekejaman Sang Pencipta. Sebagai orang jawa yang identik dengan ilmu titen, semoga kita semua dapat membaca, berpikir dan memahami makna perubahan dan menarik kesimpulan yang pada akhirnya kita aktualkan dalam tingkah laku, budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

Saya juga berharap dalam masa gelap inilah diri kita berguna menjadi cahaya terang bagi diri kita sendiri, keluarga, orang lain dan masyarakat pada umumnya. Satu hal yang perlu kita ingat bersama bahwa esensi dan substansi dari segala ajaran jawa adalah memayu hayuning bawana di samping mengajak kita untuk mencari sangkan lan paraning dumadi. Lebih lanjut saya mengutarakan semua isi hati saya, pengetahuan saya, pemahaman saya, sebagai wacana untuk saudara-saudaraku semua. Apabila ada kurang lebihnya saya pribadi mohon maaf. Demikian sekelumit dan sepenggal pengantar buat saudaraku. Salam damai dari saya dan selamat B E R J O E A N G......!!!!!
Rahayu..rahayu..rahayu...

0 comments: